Monitor Muncul Out of range - KOLOM TEKNOLOGI

Monitor Muncul Out of range

Monitor Muncul Out of range

Mengatasi monitor Out Off Range. Terjadi ketika komputer PC kita nyalakan dan di monitor tiba-tiba muncul tulisan " Out Off range ". Kebanyakan terjadi paca PC jadul dan monitor masih CRT/ tabung. tapi tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada monitor LCD dan LED serta PC yang bagus. Kejadian ini saya temukan saat Selesai memperbaik CPU pelanggan saya. Berikut Kronologinya. 

Suatu hari saya servis komputer, setelah selesai dan saya antar ke tempat pelanggan. Saat saya menyalakan komputer di monitor muncul OUT OF RANGE. Saya bingung kenapa itu terjadi,padahal saat saya selesai servis komputer sudah normal dan lancar saat saya nyalakan.  akhirnya komputer saya bawa pulang lagi. Berikut Tampilan di Monitor. 


Monitor out of range


Setelah saya coba dirumah, komputer normal-normal saja masuk monitor. Tapi kenapa di rumah pelanggan muncul peringatan di monitor Out of Range. Lalu saya cari di Google dan ternyata hal itu terjadi karena resolusi komputer dan monitor tidak sama.

Pesan Out of range muncul karena resolusi pada system yang terlalu besar pada monitor pertama sedangkan monitor kedua tidak mendukung resolusi besar.

Dan cara mengatasinya adalah sebagai berikut :


  1. Nyalakan komputer, lalu pencet f8 dan masuk safe mode, setelah masuk klik kanan di dekstop pilih properties, pilih setting dan turunkan resolusi VGA nya, OK. restart komputer dan komputer insyaallah bisa masuk dengan normal.
  2. Jika cara pertama tidak berhasil, coba ganti monitor untuk sementara. Pilih monitor yang bisa masuk normal dan ulangi langkah menurunkan resolusi VGA. Lalu gunakan monitor yang tadi muncul tulisan OUT OF RANGE. Insyaallah sekarang komputer masuk dengan normal.



Demikian pengalaman saya dengan OUT OF RANGE, semoga bisa membantu anda jika terjadi hal yang sama.

Semoga bermanfaat. Terima kasih .

3 Komentar untuk "Monitor Muncul Out of range"

  1. kalau monitor nya masih sama itu2 juga .. cuma ganti harddisk saja kira2 apanya ya ? pake harddisk yg lama normal .. tapi saat di ganti harddisk yg baru ko muncul out of range pada monitor .. padahal monitor nya kan sama ..

    BalasHapus
  2. Lagi ngalamin masalah kayak begini nih, thanks infonya gan

    BalasHapus
  3. Kalo ane masalahnya, pas pake vga geforce 310 nyala, tapi pas ganti ke gtx 1650. Muncul out of range. Kira2 ada solusi ga, mohon bantuanya.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel