Cara mengatasi Canon MP287 dan Canon MP258 error P10 - KOLOM TEKNOLOGI

Cara mengatasi Canon MP287 dan Canon MP258 error P10

Canon MP258



Halo teman semua,

Kali ini saya akan berbagi tentang cara mengatasi Canon MP287 dan Canon MP258 error P10.

Sudah banyak beredar di pasaran printer multifungsi saat ini. Puluhan merek dan tipe printer multifungsi yang sudah dikeluarkan oleh raksasa pabrik printer seperti EPSON, CANON, HP dll. Semua printer hampir sama dapat berfungsi untuk print dan scan namun dengan fiture dan tampilan berbeda. Semisal printer Epson yang mengeluarkan tabung tinta bawaan untuk semua model printer keluaran terbaru entah itu single printer atau multifungsi printer. 

Semua printer mempunyai kekurangan dan kelebihan. Kalau kelebihannya pasti kita semua suka, namun kalau kekurangannya kita pasti harap-harap cemas. Akankah printer yang kita punya akan normal terus sampai penggunaan bertahun-tahun atau malah sudah menemui kendala-kendala saat baru memakainya beberapa hari, minggu atau bulan. 

Inilah salah satu tipe printer multifungsi keluaran Canon, printer Canon MP258 dan MP287. Seri printer MP terakhir ini sudah begitu lengkap fungsi dan fiturnya, sebelum sekarang sudah muncul versi terbaru printer Canon MX, Canon MG dan dan Canon E yang lebih banyak fiturnya.

Mungkin diantara teman-teman semua sudah banyak yang menjumpai kerusakan printer Canon MP287 dan Canon MP258 yang muncul kode error P10 di panel LCD. Berikut cara singkatnya.

Cara Service Canon MP287 dan Canon MP258 error P10 :
Error P10 pada Canon MP287 dan Canon MP258 biasanya dapat diatasi dengan mengganti salah satu atau beberapa spare part berikut ini :
  1. Catridge PG810 (warna hitam) atau CL811 (tiga warna) dan bisa keduanya.
  2. Cariage Unit lengkap dengan kabel headnya. (rumah catridge)
  3. Logic Board. (mainboard printer)
Periksa dari yang paling mudah dahulu yaitu dimulai dari catridge sampai terakhir yaitu logic board.

Langkah-Langkahnya sebagai berikut:

Catridge

P810 & CL811
  1. Terlebih dahulu pastikan kembali error P10 dengan cara matikan printer canon MP287 atau MP258 anda, lalu hidupkan kembali. Jika muncul P-1-0 berturut-turut di panel LCD berarti dipastikan printer mengalami error P10.
  2. Selanjutnya matikan printer anda. Sekarang lepas kedua Catridge dengan cara membuka/mengangkat Scaner lalu tarik dudukan catridge ke tengah secara perlahan.
    Setelah itu nyalakan printer dan lihat panel LCD.  Jika keluar Error P05, pasang kembali kedua catridge dalam kondisi printer nyala / ON. Caranya Buka kembali Scaner sehingga dudukan catridge ke tengah. Seperti saat akan melepas catridge
  3. Setelah terpasang catridge juga kuncian catridge, tutup kembali scaner, Tunggu sebentar. Printer sementara Proses.Jika Berhasil, Display akan Menunjukkan Angka 1.
  4. Jika tetap muncul P10, coba ganti salah satu atau kedua catridge.Pastikan catridge dalam keadaan bagus semua (normal).

 Cariage Unit catridge


Cariage catridge printer

       Jika memang kedua catridge yang normal dipasang seperti cara diatas tetap menunjukkan error P10, bisa jadi cariage catridge (dudukan catridge ) mengalami error. Entah itu kabel flexible atau pin yang ada di cariage. Harus diganti 1 set seperti gambar diatas.


Logic Board

Printer canon MP287

Jika kedua cara sebelumnya sudah dilakukan tetap belum berhasil, langkah yang terakhir adalah mencurigai kalau yang membuat error P10 adalah logic board printer tersebut. Kemungkinan karena daya yang masuk kurang setabil atau banyak penyebab lainnya yang berhubungan dengan daya.

Cara ini mungkin juga bisa dicoba untuk tipe printer Canon MP lainnya atau bahkan tipe printer Canon terbaru semisal printer Canon MX, Canon MG dan Canon E.

Demikian info dari saya mengenai cara mengatasi Canon MP287 dan Canon MP258 error P10. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman semua.

Jika ada kritik dan saran bisa ditulis di kolom komentar. Terima kasih.

1 Response to "Cara mengatasi Canon MP287 dan Canon MP258 error P10 "

  1. terima kasih banyak atas tulisannya. Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel