Cara Mengatasi Printer Paper Jam - KOLOM TEKNOLOGI

Cara Mengatasi Printer Paper Jam

Cara Mengatasi Printer Paper Jam


mengatasi printer paper jam


Masalah printer paper jam sering kali terjadi saat mencetak dokumen. Paper jam adalah kondisi dimana kertas yang akan dipakai untuk media cetak tersangkut didalam mesin printer. Kondisi ini jika tidak segera diatasi sangat mengganggu downtime pekerjaan, apalagi pada saat pekerjaan sangat menumpuk.

Oleh sebab itu, mengetahui beberapa penyebab terjadinya paper jam menjadi satu hal yang sangat penting agar masalah tersebut tidak terulang di saat dan kondisi yang berbeda. Penyebab paper jam beberapa diantaranya:
  1. Kertas yang terlalu banyak pada paper tray merupakan penyebab utama terjadinya paper jam. Solusinya setiap pengguna printer sebaiknya tidak memasukan kertas kedala paper tray sampai penuh, namun seperlunya saja. Pastikan juga sebelum memasukkan kertas kedalam paper tray. kertas tersebut tidak menempel satu sama lain, hal ini biasanya terjadi saat kertas baru dibuka dari kemasan, atau terlipat karena ini juga menyebabkan kertas tersangkut.
  2. Kertas terlalu tebal adalah penyebab sering terjadinya paper jam, tidak semua kertas bisa digunakan pada printer, seperti kertas yang terlalu tebal hanya bisa digunakan untuk media cetak oleh merek dan jenis printer tertentu. Solusinya baca dengan seksama buku manual printer dan cari tahu kertas jenis apa saja yang bisa digunakan pada printer tersebut.
  3. Kebersihan printer juga menjadi pemicu paper jam. Solusinya khusus untuk printer ink jet, putus semua koneksi ke printer dan buka perlahan printer dan bersihkan bagian dalamnya. Cermati roda-roda maupun gir yang ada didalamnya dan coba bersihkan dengan menggunakan media yang tidak ada resistensi terhadap printer dan blower, atau bila perlu cairan sejenis alkohol bisa digunakan untuk lebih menjamin kebersihan printer.
  4. Sensor kertas pada printer kotor atau rusak. Jika sensor kertas pada printer kotor atau rusak, sudah pasti akan membuat kertas paper jam. Kertas akan berhenti di tengah dan otomatis kita tidak bisa ngeprint. Solusinya kita harus buka cover printer lalu cari sensor kertas. Kita cek apakah kotor, ada kabel yang lepas atau memang rusak.contoh sensor kertas printer Canon . Baca juga cara memperbaiki sensor kertas printer Canon ip2770

Mudah-mudahan penjelasan diatas bisa bermanfaat dan membantu teman-teman yang sedang mengalami masalah paper jam. Untuk yang punya masalah lain atau belum paham bisa ditanyakan lebih lanjut di kolom komentar. terima kasih

2 Komentar untuk "Cara Mengatasi Printer Paper Jam"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel