Masalah hardisk dan solusinya - KOLOM TEKNOLOGI

Masalah hardisk dan solusinya

Masalah hardisk dan solusinya

Hardisk merupakan komponen terpenting dalam sebuah komputer. Bahkan keberadaannya sudah tidak bisa ditinggalkan. Setiap rangkaian komputer pasti terdapat hardisk sebagai tempat menyimpan data.

Kerusakan yang dialami hardisk pasti akan membuat kita pusing karena pasti semua data yang kita perlukan atau yang kita simpan akan hilang jika hardisk tersebut rusak. 
Sebelum kita membahas masalah kerusakan hardisk dan solusinya, sedikit akan saya jelaskan tentang sejarah hardisk. 


Apa yang dimaksud dengan hardisk ?

Harddisk atau Harddisk Drive (HDD) adalah salah satu perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk menyimpan data permanen di dalam komputer. Secara fisik hardisk berbentuk persegi empat dibuat dari bahan logam, yang didalamnya terdapat piringan magnetic. Hardisk diciptakan pertama kali oleh seorang ahli dari IBM bernama Reynold Johnson pada tahun 1956. Waktu itu hardisk terdiri atas 50 piringan dan berukuran sekitar 0,6 meter, namun kapasitas penyimpanan Cuma 4.4 MB.

Kalau anda bandingkan zaman sekarang, hardisk modelnya lebih kecil (sekitar 3,5 Inchi), namun kapasitasnya sudah sampai ratusan Giga Byte dan bahkan sampai saat ini sudah mencapai Terra Byte (TB).

Jika hardisk dibuka terlihat ada tuas berlengan yang menempel disalah satu ujung yang disebut dengan Head. Alat ini bisa bergerak ke kiri dan  ke kanan ketika sedang melakukan proses membaca dan menulis data pada piringan. Sedangkan piringan tersebut berputar terus menerus selama alat ini dalam keadaan On. Perputaran piringan ini disebut dengan RPM (Rotation Per Minite).

Pada piringan magnetic inilah sebenarnya data-data diletakkan atau disimpan. Pada piringan itu secara magnetic dibagi-bagi lagi menjadi lingkaran-lingkaran yang disebut Track. Tiap Track dibagi-bagi lagi menjadi beberapa sector.

Dalam perkembangannya, harddisk tidak hanya tersimpan di dalam CPU, tetapi bisa juga dipasang di luar CPU (Eksternal) melalui kabel USB atau dengan FireWire. Hardisk salah satu komponen yang tidak tahan terhadap guncangan, perangkat ini dikategorikan rapuh atau barang pecah belah.

Piringan Harddisk bertumpu pada sebuah poros yang berputar. Piringan umumnya terbuat dari bahan non-magnetis, seperti Alumunium Alloy, kaca atau keramik yang telah dilapisi satu lapisan tipis yang berbahan magnetis setebal 10-20 nanometer diatasnya dilapisi lagi karbos sebagai pelindung.

Perputaran piringan sangat bervariasi mulai dari 4200 rpm, dan  yang saat ini sedang berkembang  sekitar 7200 rpm

Setelah kita tahu sejarah dan apa itu hardisk, mari kita bahas tentang masalah-masalah hardisk.



Masalah Pada Harddisk / cek kesehatan harddisk
 
1. Hardisk tidak terdeteksi

Gejala : Saat komputer dinyalakan dan melakukan proses Post setelah itu proses tidak berlanjut tidak langsung masuk ke operating system, kemudian di layar monitor muncul pesan "harddisk error, harddisk Failur, setelah itu muncul pesan "press F1 to continue" setelah kita menekan tombol F1 tidak masuk Operating system dan muncul pesan "Operating system not found".

Solusi : Periksa kabel power dan kabel data yang masuk ke harddisk apakah kurang pas / longgar. Sebaiknya     dikencangkan,


2. Operating system rusak

Gejala : Saat komputer dinyalakan dan melakukan proses Post, kemudian di layar monitor muncul pesan "Operating system not found".

Solusi : Kemungkinan Operating system rusak, bisa diatasi dengan install ulang atau kemungkinan juga harddisk anda tidak terdeteksi dan lakukan langkah diatas


3. harddisk bad sector

Gejala : Saat dinyalakan proses booting ke harddisk lama atau bahkan tidak bisa masuk.

Solusi : Beberapa faktor yang menyebabkan hardisk bad sector antara lain tegangan listrik tidak stabil, sering terjadi putusnya aliran listrik secara mendadak, setelah pemakaina tidak di shot down, pemakaian yang terlalu lama, ada 2 jenis bad sector yaitu fisik dan software. Untuk mengatasinya ada beberapa cara, diantaranya menggunakan software untuk menghilangkan badsector 

Untuk melihat kesehatan hardisk bisa menggunakan aplikasi berikut ; 
  • Hardisk Sentinel : Software untuk mengecek kesehatan harddisk yang banyak digunakan teknisi komputer. Dengan hardisk sentinel kita bisa melihat kesehatan hardisk sampai mensetting partisi hardisk. 
  • HDTune : Software untuk mengecek kesehatan harddisk melalui fitur S.M.A.R.T. Selain itu ada juga fitur scanning bad sector
4. Komponen (hardware) hardisk rusak

Gejala : Hardisk bunyi tek tek

Solusi : Kemungkinan memang hardware hardisk yang sudah rusak atau tegangan yang masuk ke hardisk kurang atau tidak stabil. Coba ganti power yang masuk ke hardisk, klo bisa dan bunyinya normal berarti masalah ada pada tegangannya, jika tetap berarti hardware yang bermasalah. Coba bongkar hardisk bag static dan masukkan ke freezer, tunggu hingga 1 jam. keluarkan dan diamkan dan keringkan.



Belum ada Komentar untuk "Masalah hardisk dan solusinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel