Mengatasi Komputer tidak bisa masuk monitor - KOLOM TEKNOLOGI

Mengatasi Komputer tidak bisa masuk monitor


Halo sobat, kali ini saya akan berbagi cerita tentang pengalaman saya waktu servis komputer.Dan masalah yang akan saya ulas kali ini adalah mengatasi komputer tidak bisa masuk monitor (saat komputer dinyalakan, monitor komputer tidak nyala). Dan inilah langkah - langkahnya..

 

1. Memori
    Pertama kita cek memori (RAM). Biasanya komputer tidak masuk monitor karena memorinya kotor atau mungkin slotnya yang kotor, bukan karena kotor debu tapi karena pemakaiannya.Kita lepas memori dari slot lalu kita bersihkan memori menggunakan penghapus pensil secara searah. Lalu setelah itu pasang dan coba kembali.


Memasang memori membersihkan memori

2. VGA 
    Kedua kita cek VGA, biasanya komputer yang tidak masuk monitor dan ketika dinyalakan keyboard bisa nyala (khususnya kita pencet tombol Numlock dan nyala) berarti VGA kita yang bermasalah.Jika kita menggunakan VGA onboard kemungkinan kecil bermasalah kemungkinan bisa mainboardnya, tapi jika kita menggunakan VGA card maka kita lepas dan bersihkan. Caranya sama dengan membersihkan RAM tadi.

memasang VGA CardView VGA on Board



3. Processor
    Ketiga cek Processor, jika processor setelah di cek tidak panas atau terlalu panas kemungkinan processor kita yang bermasalah.

Memasang Processor


4. Mainboard
    Keempat mainboard, Setelah semua komponen utama diatas di cek, dan semua normal (di cek di        komputer lain yang bisa nyala) maka bisa dipastikan mainboard kita yang bermasalah atau eror. dan cara      mengatasi mainboard yang eror akan saya ulas di pembahasan selanjutnya..

bagian-bagian mainboard



semoga bermanfaat.....

2 Komentar untuk "Mengatasi Komputer tidak bisa masuk monitor"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel